Perbedaan Rem Karbon dan Baja

Perbedaan Rem Karbon dan Baja - Motor balap yang digunakan dalam ajang balap moto GP memang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Bayangkan saja, motor yang dapat melaju dengan sangat kencang dapat melakukan pengereman sebelum memasuki belokan.


Rekor kecepatan yang pernah dicapai pada ajang balap ini dapat mencapai lebih dari 340 km/jam. Oleh karena itu untuk sistem pengereman pada motor ini tentu membutuhkan pengereman khusus agar dapat mengerem secara maksimal.

Pada awal tahun 1970-an merupakan awal moto GP mulai menggunakan rem cakram yang kini inovasinya terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. 

Pada awalnya pada moto gp menggunakan sistem pengereman menggunakan cakram yang terbuat dari baja, namun rem jenis ini mempunyai satu kelemahan yaitu bila cuaca sedang hujan maka rem ini tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Perbedaan Rem Karbon dan Baja

Hal ini sudah lama menjadi permasalahan dalam moto gp, namun belakangan ditemukan sistem pengereman baru yang menggunakan serat karbon yang dapat bekerja pada lintasan basah atau hujan. Kini rem cakram baja hanya digunakan pada lintasan kering saja.

Rem digunakan pada moto gp merupakan rem khusus yang hanya digunakan pada motor khusus moto gp, oleh karena itu rem ini hanya dibuat khusus oleh produsennya yaitu Brembo dan Nissin.

Serat karbon yang digunakan dalam rem motor merupakan bahan yang sama kerasnya seperti baja, serat karbon juga memiliki nilai kekerasan yang dapat mencapai 6 - 7,5 skala mohs bila diukur menggunakan Hardness Tester. Namun dibandingkan dengan baja, bahan serat karbon memiliki bobot yang lebih ringan.

Akan tetapi sebelum bisa digunakan, bahan serat karbon harus dilakukan warm up atau pemanasan agar nantinya dapat bekerja maksimal. Karenanya saat melakukan lap pemanasan biasanya para pembalap akan memanaskan ban dan rem motor mereka lebih dahulu.

Bila Anda melihat ada pembalap yang sering melakukan pengereman mendadak selama warm up lap, hal ini dilakukan untuk membuat rem dapat bekerja dalam peforma maksimalnya. Pengereman ini sangat penting untuk digunakan dalam tikungan maupun mencegah motor saling bertabrakan.

Berbeda dengan cakram baja yang tidak terlalu membutuhkan pemanasan, namun rem cakram baja ini tidak dapat bekerja pada suhu yang terlalu tinggi. Pada suhu yang tinggi cakram baja akan mudah sekali mengalami slip rem.

0 Response to "Perbedaan Rem Karbon dan Baja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel